Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (4)

Pembelajaran Berbasis Gamifikasi : Pemanfaatan Platform Gimkit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Agustina, Tresna Hamidah (Unknown)
Rienovita, Ellina (Unknown)
Emilzoli, Mario (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Di tengah cepatnya perkembangan teknologi di masa kini, di bidang pendidikan sebaiknya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Terlebih pada mata pelajaran Sejarah Indonesia yang memiliki asumsi sebagai pelajaran yang memiliki banyak materi dan membosankan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektivan media gamifikasi Gimkit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Hasil belajar yang dimaksud adalah kemampuan memahami (C2), mengaplikasikan (C3), dan menganalisis (C4). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitaif dengan metode eskperimen jenis kuasi eksperimen desain time series. Instrumen penelitian berbentuk tes berupa soal pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban untuk mengukur hasil belajar siswa sebagai pretest dan posttest selama empat kali. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran Sejarah Indonesia setelah menggunakan media gamifikasi Gimkit pada kemampuan memahami (C2), mengaplikasikan (C3), dan menganalisis (C4) di setiap serinya. Hasil penelitian tersebut diperoleh dari hasil pretest serta posttest yang dilakukan menunjukkan rata-rata posttest di setiap seri lebih tinggi dibanding rata-rata pretest di setiap serinya serta pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Test. Artinya penggunaan media gamifikasi Gimkit efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...