Pendidikan komparatif merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antara dua atau lebih sistem pendidikan di berbagai negara, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sistem pendidikan dasar yang ada di Indonesia dan pendidikan dasar yang ada di Uruguay. Fokus utama di dalam penelitian ini adalah dari segi pendekatan pedagogis, metode pengajaran, evaluasi efektivitas, keterlibatan siswa, penggunaan teknologi, dan tantangan yang dialami antara pendidikan dasar di Indonesia dan pendidikan dasar di Uruguay. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uruguay memiliki sistem pendidikan yang lebih maju dalam hal penggunaan teknologi, keterlibatan siswa, dan evaluasi efektivitas pengajaran. Sedangkan Indonesia sedang berupaya dalam meningkatkan kualitas melalui kurikulum merdeka, namun masih mengalami beberapa tantangan dalam pelaksanaannya. Kesimpulannya, Indonesia dapat belajar dari praktik baik Uruguay untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, terutama dalam konteks pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk mengidentifikasi peluang perbaikan pada siswa pendidikan dasar di Indonesia.
Copyrights © 2024