KARYA: Journal of Educational Community Service
Vol 2, No 1: Juni 2023

Respons Guru Terhadap Penyusunan Instrumen Asesmen Minat Dan Gaya Belajar Anak Di Kabupaten Majene

Syamsuardi Saodi (Universitas Negeri Makassar)
ST Fatmah Hiola (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Ihsan Said Ahmad (Universitas Negeri Makassar)
Hajerah Hajerah (Universitas Negeri Makassar)
Hasmawaty Hasmawaty (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM): Pelatihan penyusunan instrumen asesmen minat dan gaya belajar anak bagi guru di Taman Kanak-kanak di Kabupaten Majene, ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensiĀ  dan kemampuan dasar guru dalam penguasaan penilaian pada satuan pendidikan khususnya di Taman Kanak-kanak. PKM ini dilaksanakan pada tahun 2023 di Kabupaten Majene Sulawesi Barat dengan mitra Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Cabang Banggae Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Peserta PKM ini terdiri atas guru dan kepala sekolah satuan PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab danĀ  penugasan. Analisis tingkat keberhasilan kegiatan PKM ini adalah melalui pengukuran tingkat penguasaan materi serta penyelesaian tugas. Kondisi akhir pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta dapat memahami bagaimana penyusunan Asesmen Diagnostik pada Aspek kesiapan dan minat belajar anak di Taman Kanak-kanak. Keberhasilan PKM ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi dan motivasi serta kedisiplinan peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

karya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

This journal focuses on publishing the results of service activities carried out by lecturers. The scope of this journal is the result of community service activities in the field of education, which include: Human resource development Appropriate technology Economic development, entrepreneurship, ...