Jurnal Pendidikan Impola
Vol. 1 No. 2 (2024): NOVEMBER

Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Tajurhalang

Daniel Pasaribu (Unknown)
Haryanti, Ade Siti (Unknown)
Permana, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Tajurhalang. Metode penelitian yang digunakan adalan metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi berjumlah 362 siswa, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian adalah 60 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t dengan nilai maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Active Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Tajurhalang, karena dengan model pembelajaran tersebut menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi sebesar 84,2 dibandingkan dengan nilai rata-rata dari hasil pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning sebesar 62,93.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Impola is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by PT. Impola Toba ...