Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 15 No 1 (2023): Januari 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Chart Display and Information System Menggunakan Software Visual Basic 6

Anwar, Amthori (Unknown)
Suharso, Arif Rakhman (Unknown)
Hendartono, Ario (Unknown)
Wantoro, Widar Bayu (Unknown)
Sirait, Evi (Unknown)
Purwanto, Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Kegiatan pembelajaran untuk pelajaran tentang Navigasi selama pandemi Covid-19 mengalami kendala. Sebesar 85 persen responden Taruna Politeknik Maritim Negeri Indonesia mengalami kesulitan pada pembelajaran menggunakan aplikasi zoom meeting dikarenakan materi yang disampaikan kurang maksimal. Permasalahan tersebut kami menetapkan tujuan dari penelitian ini untuk membuat media pembelajaran dengan mengembangkan simulasi Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) menggunakan software visual basic 6. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan ADDIE dengan melalui beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implement dan evaluation. Perancangan modul software ini terdiri atas 42 slide teori dengan ditambahkan input suara diberi timer masing-masing 30 detik, 1 slide berisi video tutorial dan 1 slide praktikum. 90 persen responden Taruna Politeknik Maritim Negeri Indonesia untuk materi tentang Navigasi menyatakan terbantu dengan media pembelajaran ECDIS yang dikembangkan. Manfaat yang didapatkan adalah materi tersampaikan dengan jelas tanpa adanya gangguan sinyal internet serta tidak membutuhkan kuota internet terlalu besar. Software ini akan ditambahkan dengan proses evaluasi 50 soal pilihan ganda pada penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...