Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 15 No 2 (2023): Juli 2023

Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA/Sederajat dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring di Masa Pandemik

Purwanto, Kriesna Kharisma (Unknown)
Zuliatin, Qonik (Unknown)
Yuniarto, Eko (Unknown)
Gazali, Zulkarnain (Unknown)
Wijayadi, Andri Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang motivasi belajar siswa SMA/Sederajat dalam pembelajaran daring serta aspek-aspek yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup dalam bentuk Google Form. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki rasa kemauan dan kesadaran yang tinggi untuk belajar dan menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring, (2) tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring berada pada kategori tinggi, serta (3) aspek-aspek dominan yang memengaruhi tingkat motivasi belajar siswa adalah semangat belajar dan desain lingkungan belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...