Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 16 No 1 (2024): Januari 2024

Literature Review: Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam di Panti Rehabilitasi Sosial

Nurhalim, Nurhalim (Unknown)
Syarifudin, Encep (Unknown)
Muslihah, Eneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini mengidentifikasi prinsip perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, sedangkan analisis data menggunakan teknik isi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial mengandung prinsip perencanaan, tahapan perencanaan, perencanaan strategis dan unsur-unsur perencanaan terhadap pembentukan karakter religius yaitu dengan sabar, syukur, ikhlas, rendah hati dan jujur melalui kegiatan shalat berjamaah dan mengaji. Sedangkan implementasi pendidikan Islam meliputi ibadah, muamalah, membaca Al Qur’an, tajwid, aqidah dan akhlak melalui kegiatan ceramah, praktek dan nasehat. Implikasi penelitian semakin baik perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial akan semakin cepat upaya pemulihan kembali kepada masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...