Tujuan penelitian ini mengidentifikasi prinsip perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, sedangkan analisis data menggunakan teknik isi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial mengandung prinsip perencanaan, tahapan perencanaan, perencanaan strategis dan unsur-unsur perencanaan terhadap pembentukan karakter religius yaitu dengan sabar, syukur, ikhlas, rendah hati dan jujur melalui kegiatan shalat berjamaah dan mengaji. Sedangkan implementasi pendidikan Islam meliputi ibadah, muamalah, membaca Al Qur’an, tajwid, aqidah dan akhlak melalui kegiatan ceramah, praktek dan nasehat. Implikasi penelitian semakin baik perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial akan semakin cepat upaya pemulihan kembali kepada masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024