Journal of Knowledge and Collaboration
Vol. 1 No. 8 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration

Etika Pendidikan Dalam Islam: Mengaitkan Konsep Kebaikan Dalam Filsafat

Muhammad, Muhammad (Unknown)
Sary Ayunda, Desy (Unknown)
Alghani, Alghani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Pendidikan Islam dan filsafat merupakan dua unsur penting yang saling melengkapi satu sama lain dalam proses transfer ilmu pengetahuan untuk mencapai pemahamn yang utuh. Panelitian ini adalah library research dimana peneliti mengunakan berbagai sumber ilmiah untuk untuk mengaitkan konsep kebaikan dalam ranah filsafat. Artikel ini membahas hubungan antara etika pendidikan dalam Islam dan teori-teori etika dalam filsafat, pentingnya integrasi keduanya untuk menciptakan pendidikan yang holistik dan berintegritas. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dalam konteks Indonesia, pendidikan beretika sangat diperlukan untuk membentuk generasi cerdas dan berakhlak mulia. Prinsip-prinsip etika pendidikan Islam, seperti tanggung jawab moral dan keadilan, selaras dengan teori utilitarianisme, deontologi, dan etika kebajikan. Interaksi ini menciptakan keseimbangan antara kewajiban dan konsekuensi. Reformasi dalam sistem pendidikan diperlukan untuk mengintegrasikan nilai-nilai etika Islam dan filosofi pendidikan modern, menghasilkan individu yang unggul dan bertanggung jawab dalam masyarakat.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. ...