Journal of Education Transportation and Business
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Strategi Marketing Plan dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Cahaya Iklima (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)
Nelly Helda Yanti (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)
Joni Hendra (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Marketing Plan dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan” yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman teoretis mengenai strategi pemasaran yang efektif dan teknik pengukuran kepuasan pelanggan dalam konteks bisnis modern. Dengan meningkatnya persaingan pada tahun 2024, perusahaan dituntut untuk merancang strategi pemasaran proaktif berbasis data yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur dari berbagai sumber terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pemasaran yang baik mencakup segmentasi pasar yang akurat, penentuan posisi yang tepat, serta penggunaan marketing mix yang sesuai. Pengukuran kepuasan pelanggan juga menjadi indikator utama keberhasilan strategi pemasaran. Fokus pada kepuasan pelanggan tidak hanya berpotensi meningkatkan volume penjualan, tetapi juga membantu membangun daya saing perusahaan dalam jangka panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jetbus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Transportation

Description

JETBUS Journal of Education Transportation and Business dengan nomor ISSN terdaftar 3062-813X (Cetak - Print) dan 3062-8121 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JETBUS Journal of Education Transportation and Business bertujuan untuk ...