Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta menyediakan digital services untuk memberikan kemudahan akses bagi penumpang dan operasional penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel digital service terhadap kepuasan penumpang serta meneliti seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari digital service terhadap kepuasan penumpang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk memberikan gambaran data dengan pengolahan data statistik. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada penumpang di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta. Penelitian mengambil sampel sejumlah 100 responden. Tahap analisis data dilakukan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis regresi linier sederhana, uji T (parsial), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital service berpengaruh terhadap kepuasan penumpang di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dengan nilai signifikansi 0,000 0,05. Layanan digital seperti wayfinding self check – in, dan Wi-FI memberikan aksesibilitas yang mudah dan memunculkan kepuasan tersendiri bagi penumpang. Berdasarkan koefisien determinasi, digital service memberikan pengaruh sebesar 34,2% terhadap kepuasan penumpang dan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor dan variabel lain yang tidak termasuk dalam topik penelitian.
Copyrights © 2024