AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Peran Media Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Geometri Siswa Sekolah Dasar

Siti Afiqa Rahmah Manik (Universitas Negeri Medan)
Ananda Putri Humairoh (Universitas Negeri Medan)
Siti Annisa (Universitas Negeri Medan)
Elvi Mailani (Universitas Negeri Medan)
Maya Alemina Ketaren (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran geometri di tingkat sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan karena konsep-konsep yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur pengaruh penggunaan media visual, seperti gambar, animasi, dan alat peraga, terhadap pemahaman geometri siswa sekolah dasar. Studi ini dilakukan melalui tinjauan literatur dari berbagai jurnal ilmiah dan buku terkait pembelajaran geometri dengan media visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual mampu membantu siswa memahami konsep geometri dasar dengan lebih baik, meningkatkan minat belajar, serta membantu dalam memahami konsep spasial. Implikasi dari temuan ini menunjukkan pentingnya penggunaan media visual dalam merancang kurikulum dan metode pengajaran geometri di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...