AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar

Iasyah Fakhrany (Universitas Negeri Medan)
Dwi Wulan Joy Lumbatobing (Universitas Negeri Medan)
Ilda Zahratunisa (Universitas Negeri Medan)
Nabila Syahara (Universitas Negeri Medan)
Elvi Mailani (Universitas Negeri Medan)
Maya Alemina Ketaren (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri di kalangan siswa sekolah dasar melalui pendekatan Matematika Realistik (MRE). MRE lahir sebagai respons terhadap metode pembelajaran tradisional yang cenderung mekanistik dan kurang menekankan pemahaman konsep. Dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan nyata, siswa didorong untuk aktif membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman dan eksplorasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan MRE tidak hanya membantu siswa memahami teori, tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah nyata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran matematika di Indonesia, yang saat ini masih tergolong rendah berdasarkan data PISA dan TIMSS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...