AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Digital Terhadap Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sewon

Nadila Nur Rokhmah (Universitas PGRI Yogyakarta)
T Heru Nurgiansah (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book digital terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2023/ 2024. Populasi penelitian ini adalah dari kelas X-10 di SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2023/2024 sebesar 357 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 36 siswa dengan menggunkan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pop up book digital terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil diperoleh nilai r hitung 0.951 r tabel 0.278 ini berarti bahwa media pop up book digital dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...