AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Mengukur Kesadaran Siswa SMA Sederajat di Kota Medan dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila

Ika Purnamasari (Universitas Negeri Medan)
Grace Roni Anuar Lase (Universitas Negeri Medan)
Muhammad Fakhri Lubis (Universitas Negeri Medan)
Nurhabibah Munthe (Universitas Negeri Medan)
Marchell Gabriel Manurung (Universitas Negeri Medan)
Sarwedi Parhehean Tua Simatupang (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat kesadaran siswa SMA sederajat di Kota Medan terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi dasar negara Indonesia. Meskipun Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang penting, penerapannya di kalangan siswa sering kali masih kurang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kuantitatif, dengan instrumen berupa kuesioner yang terdiri dari 25 pertanyaan yang mencakup berbagai aspek penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kuesioner disebarkan melalui Google Form kepada 64 siswa yang dipilih secara acak dari 10 sekolah selama dua minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71,9% siswa menunjukkan ketaatan beragama, namun 36,9% melaporkan adanya kurangnya penghormatan terhadap keyakinan agama. Dalam hal diskriminasi, 54,8% siswa jarang menyaksikannya, sementara 29,1% sering mengalaminya. Keterlibatan siswa dalam menciptakan keharmonisan di sekolah mencapai 75%, tetapi hanya 50% yang aktif dalam kegiatan promosi kerukunan. Selain itu, 68,8% siswa menunjukkan kepedulian terhadap masalah sosial, namun hanya 62,5% yang bersedia melaporkan ketidakadilan. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan perlunya upaya pendidikan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan penerapan nilai-nilai Pancasila, agar siswa dapat berperan sebagai generasi penerus yang lebih sadar dan bertanggung jawab terhadap ideologi bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...