AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Peningkatan Efektifitas dan Pemahaman Geometri Melalui Media Konkrit Berbasis Realita pada Siswa Sekolah Dasar

Nur Kibah Mandasari (Universitas Negeri Medan)
Apriyanda Apriyanda (Universitas Negeri Medan)
Suhaila Haya Nasution (Universitas Negeri Medan)
Habibah Rusly Elly (Universitas Negeri Medan)
Elvi Mailani (Universitas Negeri Medan)
Maya Alemina Ketaren (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran konkret berbasis realita dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri. Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber, termasuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran konkret berbasis realita memiliki potensi besar dalam memvisualisasikan konsep-konsep geometri yang abstrak, sehingga meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa. Namun, penelitian ini juga menyoroti keterbatasan dalam penelitian sebelumnya, di mana sebagian besar studi bersifat deskriptif. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan desain penelitian yang lebih kuat, seperti eksperimen, untuk menguji secara empiris efektivitas media konkret dalam berbagai konteks pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...