Guru memainkan peran yang efektif dalam menghadapi tantangan literasi di era Society 5.0. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru dalam meningkatkan literasi pada siswa. Penelitian ini adalah sebuah studi lapangan yang mengungkapkan dan menggali informasi tentang peran guru dalam meningkatkan literasi siswa di era society yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya yang sesuai dengan kenyataan faktual yang ditemukan dilapangan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa upaya guru dalam meningkatkan literasi pada siswa 1. Guru harus memerankan metode yang bervariasi 2. Penanaman nilai-nilai agama di era digital 3. Kolaborasi wali kelas dan wali murid 4. Dapat menyesuaikan kondisi tanpa meninggalkan karakter akhlakul karimah 5. Meminjamkan modul ke siswa di awal semester. Dari hasil kajian dan penelitian guru memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi siswa di era Society 5.0. Peran guru tidak hanya sebagai penyalur pengetahuan, tetapi juga sebagai fasilitator pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan penerapan teknologi dalam berbagai konteks.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024