Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Vol 2 No 1 (2024): Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa

IMPLEMENTASI TEORI HUMANSTIK DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENT PADA KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK SD

Hastuti, Dini Dwi (Unknown)
Fauzi, Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi Teori Humanistik dalam meningkatkan rasa percaya diri/ self confident peserta didik dalam kemampuan literasi di UPTD SD Negeri Adiluhur. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena memengaruhi perkembangan kepribadian individu. Dalam situasi begini teori Humanistik menekankan pada pengembangan diri, pemahaman fenomena, dan keberanian dalam proses belajar. Guru memegang peran kunci dalam mendukung peserta didik agar dapat tampil percaya diri dan belajar dengan penuh semangat. Pendidikan Humanistik dianggap sebagai metode yang efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, peserta didik dapat lebih mudah menyerap informasi, mengembangkan kreativitas, dan merasakan kegembiraan dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan Teori Humanistik dapat meningkatkan kemampuan literasi dan rasa percaya diri peserta didik di kelas II. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan inspiratif, peserta didik didorong untuk berekspresi secara bebas, berpartisipasi aktif, dan mengembangkan sikap positif terhadap pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya mengintegrasikan prinsip-prinsip Humanistik dalam dunia pendidikan guna memberdayakan peserta didik, meningkatkan kemampuan literasi mereka, serta memperkuat rasa percaya diri dalam proses belajar. Diharapkan temuan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan pribadi peserta didik di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa is an international journal founded by Mandalika Institute. Mandalika is an open access, double peer-reviewed electronic journal that aims to offer an international scholarly platform for national and cross-border education research in government ...