Mandalika Journal of Community Services
Vol. 1 No. 2 (2024): Mandalika Journal of Community Services

Pelatihan JLPT N5 Secara Online

Suwandany, Metty (Unknown)
Martia, Tia (Unknown)
Fitri, Zainur (Unknown)
Nursari, Bertha (Unknown)
Novita, Rima (Unknown)
Djaya, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengadakan pelatihan JLPT N5 secara online kepada para siswa SMA se-Jabodetabek. Pelatihan ini berbasis kompetensi /competency based education and training untuk melatih mengerjakan soal-soal JLPT N5. Bagi pemelajar bahasa Jepang tingkat dasar untuk lulus ujian JLPT N5 perlu sekali berlatih mengerjakan aneka tipe soal yang sering keluar dalam JLPT N5. Tipe- tipe soal JLPT biasanya tidak diajarkan oleh para guru bahasa Jepang di sekolah. Hal ini disebabkan pembelajaran bahasa Jepang di sekolah lebih difokuskan pada pengajaran pola-pola kalimat dasar bahasa Jepang, juga sedikit materi huruf kanji dasar. Untuk lulus JLPT N5 perlu memahami pola-pola kalimat dasar bahasa Jepang yang telah ditetapkan oleh The Japan Foundation, yaitu memahami 100 kanji dan 800 kosakata bahasa Jepang tingkat dasar. Ujian JLPT N5 terdiri dari 3 jenis soal, yaitu soal mojigoi (huruf dan kemahiran kosakata); soal bunpou dan dokkai (tata bahasa dan pemahaman bacaan/wacana) dan soal choukai (pemahaman percakapan lisan/menyimak). Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode drill, dimana guru memberikan soal-soal JLPT N5 kepada siswa untuk dikerjakan, sambil menjelaskan materi soal sesuai dengan pola-pola kalimatnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mjcs

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences Other

Description

Mandalika Journal of Community Services is to provide a community service medium and an important reference for the advancement and dissemination of community service results that support high-level community service. Original theoretical work and application-based studies, which contributes to a ...