Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bercerita di TK Pelita 2 Lebak Banten

Yuliasih, Titis (Unknown)
Wahira, Wahira (Unknown)
Suriani, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita di TK Pelita 2 merupakan suatu tindakan melalui penelitian untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak yang dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan bahasa pada anak kelompok B di TK Pelita 2 dalam praktik pembelajaran selama 3 siklus pada PPL Pendidikan Profesi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak pada anak kelompok B di TK Pelita 2. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B di TK Pelita 2 melalui metode bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Bentuk metode bercerita yang digunakan yaitu bercerita dengan alat peraga. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan analisis observasi dengan landasan teori perkembangan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak pada anak kelompok B di TK Pelita 2 dengan hasil berkembang sesuai harapan. Hal ini terlihat dari adanya perkembangan kemampuan anak yang telah mencapai indikator perkembangan. Anak mampu mengkomunikasikan hasil karyanya pada tahapan menguji proses dan hasil belajar pada model pembelajaran berbasis proyek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...