Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Enrekang

Hasriany (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Aqil Rusli (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Tamrin (Unknown)
Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa yag dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.C UPT SMP Negeri 1 Enrekang yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa dalam aspek pengetahuan atau tes soal pada siklus 1 diperoleh skor 63, meningkat pada siklus II menjadi 69, lalu meningkat pada siklus III 77. Keterampilan proses sains siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 46, meningkat pada siklus II sebesar 64 kemudian menigkat lagi di siklus II dengan prolehan skor rata-rata 84. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerpan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...