Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 3 (2024): Edisi September - Desember 2024

PENGARUH HARGA, GAYA HIDUP, KUALITAS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI ECOMMERCE ZALORA

Zahrotul Ulya (Unknown)
Nanda Adhi Purusa (Unknown)
Ariati Anomsari (Unknown)
Awanis Linati Haziroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mendorong peningkatan aktivitas e-commerce, termasuk di Zalora. Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh harga, gaya hidup, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian di ecommerce Zalora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode sampling mengunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 125 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora di kalangan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas, dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga produk fashion menunjukkan pengaruh yang signifikan (t hitung = 4.048, signifikansi = 0.000), di mana harga yang kompetitif menjadi pertimbangan utama konsumen. Kualitas produk juga berpengaruh signifikan (t hitung = 2.424, signifikansi = 0.017), dengan konsumen cenderung memilih produk berkualitas tinggi. Promosi terbukti menjadi faktor paling berpengaruh (t hitung = 6.263, signifikansi = 0.000), di mana berbagai bentuk promosi efektif menarik minat beli konsumen. Sebaliknya, gaya hidup tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung = 0.689, signifikansi = 0.492). Kesimpulannya penelitian ini dapat memberikan indikasi terhadap ecommerce Zalora untuk meningkatkan keputusan pembelian produk fashion.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...