Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Infografis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 6 Surabaya

Affandi, Ahmad (Unknown)
Ekohariadi, Ekohariadi (Unknown)
Buditjahjanto, I Gusti Putu Asto (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis infografis menggunakan aplikasi Canva guna meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa di SMKN 6 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang melibatkan tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media infografis berbasis Canva secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami materi serta memperbaiki hasil belajar mereka. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Implementasi media ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu siswa dalam mengorganisasi informasi dengan lebih efektif. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berbasis infografis menggunakan Canva terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa di SMKN 6 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...