Pemahaman siswa terhadap materi plantae masih dirasa kurang karena pada materi tersebut memiliki cakupan yang luas dan materi yang disajikan pada bahan ajar LKS belum lengkap. Guru dan siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang lengkap dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul Plantae berbasis Discovery Learning yang digunakan untuk memberdayakan pemahaman siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE yang memuat 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development yaitu tahap mengukur kelayakan e-modul. E-modul plantae berbasis discovery learning divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 3 guru mata pelajaran biologi. Hasil validasi yang diperoleh dengan rata-rata sebesar 0,89 dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning pada materi plantae layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran guna memberdayakan pemahaman peserta didik.
Copyrights © 2024