Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 2 (2024): DIDAKTIKA BIOLOGI

PENGEMBANGAN E-MODUL PLANTAE DENGAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA

Julianti Dian Lestari Agapau (Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura)
Kurnia Ningsih (Universitas Tanjungpura)
Titin Titin (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Pemahaman siswa terhadap materi plantae masih dirasa kurang karena pada materi tersebut memiliki cakupan yang luas dan materi yang disajikan pada bahan ajar LKS belum lengkap. Guru dan siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang lengkap dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul Plantae berbasis Discovery Learning yang digunakan untuk memberdayakan pemahaman siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE yang memuat 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development yaitu tahap mengukur kelayakan e-modul. E-modul plantae berbasis discovery learning divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 3 guru mata pelajaran biologi. Hasil validasi yang diperoleh dengan rata-rata sebesar 0,89 dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning pada materi plantae layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran guna memberdayakan pemahaman peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...