Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 2 (2024): DIDAKTIKA BIOLOGI

KELAYAKAN E-MODUL PADA SUBMATERI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS TUMBUHAN PEWARNA ALAMI

Yopita, Kesiya (Unknown)
Syamswisna, Syamswisna (Unknown)
Fajri, Hayatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Masyarakat Dayak Kanayant di Desa Caokng Kabupaten Landak memanfaatkan tumbuhan untuk kebutuhan sehari-hari salah satunya yaitu sebagai pewarna alami. Informasi tentang tanaman yang digunakan sebagai pewarna alami oleh masyaratakat Dayak Kanayant di Desa Caokng dapat memperkaya informasi pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam bahan ajar e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul sebagai bahan ajar dalam submateri pemanfaatan Keanekaragaman Hayati SMA kelas X. Metode dalam Penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D), menggunakan model Borg & Gall yang dibatasi dalam 5 tahapan (tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, validasi, dan revisi). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi yang berisi aspek penilaian: penyajian, isi materi, kebahasaan, dan keefektifan dengan jumlah 12 kriteria. Validator e-modul yaitu 2 dosen Pendidikan Biologi dan 3 guru Biologi SMA. Hasil analisis data validitas berdasarkan teori Lawshe (1975) menunjukan nilai CVI sebesar 1,00, sehingga e-modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...