Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 2 (2024): DIDAKTIKA BIOLOGI

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS CURRICULUM COMPACTING PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG BERDIFERENSIASI

Jundi Awaludin (Universitas Negeri Jakarta)
Fransisca Wiwik Martasari (Universitas Negeri Jakarta)
Nur Muhammad Wicaksono (Universitas Negeri Jakarta)
Rizhal Hendi Ristanto (Universitas Negeri Jakarta)
Hanum Isfaeni (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Salah satu kurikulum yang tengah dikembangkan di Indonesia adalah kurikulum pemadatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran mengenai keanekaragaman hayati yang disesuaikan dengan kurikulum pemadatan (curriculum compacting). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Sebanyak 30 siswa kelas X dijadikan sebagai subjek penelitian, dan dua validator, yaitu seorang guru sekolah menengah atas dan seorang dosen dengan pengalaman luas dalam penilaian pengajaran biologi, turut serta dalam validasi instrumen. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Validasi ahli menghasilkan data yang menunjukkan kegunaan instrumen. Dari 20 soal yang diajukan sebelum uji empiris, 10 soal dinyatakan valid dan 10 soal lainnya tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 5,7 menunjukkan kriteria cukup. Dalam uji tingkat kesukaran, 7 soal termasuk kategori cukup, sementara 13 soal dianggap mudah. Uji daya pembeda menunjukkan bahwa 5 soal berada pada kategori buruk, 10 soal cukup, 4 soal baik, dan 1 soal sangat baik. Kesimpulannya, instrumen ini dapat digunakan untuk pembelajaran tentang keanekaragaman hayati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...