JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Siswa SMP

Suryani, Erni (Unknown)
Nurfathurrahmah, Nurfathurrahmah (Unknown)
Herman, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Proses pembelajaran di era modern dengan kecanggihan teknologi dapat memudahkan pendidik untuk berinovasi. Salah satunya mengembagkan modul digital secara menarik, kekinian serta inovatif sesuai perkembengan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Modul digital berbasis PjBL tidak hanya mengasah keterampilan penting seperti kolaborasi, komunikasi, pemecahan masalah, berpikir kritis, kreativitas, literasi digital maupun meningkatkan efektivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan siswa untuk tantangan dunia nyata. Atikel ini membahas mengenai pengembangan elektronik modul Biologi berbasis model pembelajaran project based learning untuk siswa SMP, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan validitas dan keefektifan E-Modul. Penelitian Research and Development model ADDIE terdiri dari lima tahapan yang sistematis. Instrument validitas menggunakan lembar validitas dan keefektifan melalui lembar observasi, angket respon dan hasil belajar siswa. analisis data secara statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian analsisis kevalidan dinyatakan sangat valid. Dari proses pembelajaran diperoleh data observasi aktifias siswa, hasil belajar dan angket respon siswa menunjukkan efektif. Maka disimpulkan E-Modul berbasis model Project Based Learning layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran siswa SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...