Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan e-modul mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, dan mengetahui tanggapan pengguna terhadap E-Modul mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman Dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu model 4D. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM yang pernah memprogramkan mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Dasar. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui lembar uji validasi dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan E-Modul mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Dasar untuk Jurusan Teknik Informatika dan Komputer di FT UNM memiliki nilai persentase validitas sebesar 96.17% dengan kategori sangat layak. E-Modul tersebut juga mendapatkan respon atau tanggapan pengguna yang baik berdasarkan analisis frekuensi mahasiswa dengan nilai persentase sebesar 86.67%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-Modul Algoritma dan Pemrograman Dasar dapat diterima sebagai bahan ajar bagi mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024