Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
Volume 1 Issue 3, November (2024)

Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PTIK Kampus V UNM Parepare

Jasri Wahyunita (Unknown)
Muhammad Yahya (Unknown)
Syamsurijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar Mahasiswa PTIK Kampus V UNM Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu fasilitas belajar dan variabel terikat yaitu motivasi belajar. Populasi penelitian ini yaitu Mahasiswa PTIK Kampus V UNM Parepare Angkatan 2017 dan Angkatan 2018 dengan total 40 Mahasiswa. Pada penelitian ini pengambilan jumlah sampel mengacu berdasarkan pada tabel Krejcie yaitu dengan jumlah populasi 40 maka sampel yang digunakan sebanyak 36. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket fasilitas belajar dan motivasi belajar menggunakan google form yang kemudian disebar melalui aplikasi Whatsapp. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan rumus korelasi Pearson Product Moment. Fasilitas belajar yang digunakan Mahasiswa PTIK selama melakukan proses pembelajaran di Kampus V UNM Parepare berada pada kategori terpenuhi. Motivasi belajar Mahasiswa PTIK Kampus V UNM Parepare masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil yakni terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar Mahasiswa PTIK Kampus V UNM Parepare.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CIVE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...