Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
Volume 1 Issue 3, November (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika

Achmad Chaerul Rosiqin. Z (Unknown)
Sanatang (Unknown)
Lu'mu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh melalui penerapan model pembelajaran Scramble, bagaimana peningkatan hasil belajar siswa, dan bagaimana gambaran proses keterlaksanaan pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran Scramble siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dipilih secara Teknik Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil gambaran model pembelajaran scramble yang dilihat dari observasi keterlaksanaan pembelajaran metode scramble, kemudian nilai rata-rata pada tes post-test adalah 85.15 dan pre-test adalah 57.94, kemudian hasil analisis uji Paired Sample t-test dari data hasil belajar pada nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel dengan probabilitas 0.000 dengan alpha 0.05, jumlah sampel 34 dan derajat bebas (df) 33. Serta hasil uji gain yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari selisih nilai pre-test dan post-test dan tingkat ketuntasan peserta didik. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, serta dalam gambaran model pembelajaran scramble menunjukkan bahwa siswa cukup termotivasi dan siap untuk belajar selama proses pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CIVE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...