Journal of Economic and Bussiness Retail
Vol 3, No 1 (2023): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)

PENGARUH STAKEHOLDER ENGAGEMENT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT BERDASARKAN GLOBAL REPORTING INITIATIVE (GRI) G4 (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020)

Kusumawati, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  menganalisis  pengaruh  stakeholder  engagementyang terdiri dari: kepemilikan saham mayoritas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Populasi dari penelitian  ini adalah perusahaan   non-keuangan   yang   terdaftar   di   Bursa   Efek   Indonesia   (BEI). Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria perusahaan  yang    menerbitkan    sustainability  report    terpisah  dari  laporan tahunan    pada  tahun  2018-2020.  Berdasarkan    metode purposive    sampling, jumlah   sampel perusahaan   yang   mempublikasikan sustainability   report (SR) adalah 60 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan  metode  regresi  linear berganda. Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa kepemilikan saham mayoritas dan ukuran perusahaan   memiliki efek positif   dan   signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan leverage memiliki efek negatif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report.Kata   kunci:   Sustainability   Report, Stakeholder   Engagement, Kepemilikan Saham Mayoritas, Leverage, Ukuran Perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jebr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting ...