Psikoislamedia : Jurnal Psikologi
Vol 9, No 2 (2024)

KEBAHAGIAAN DOSEN DITINJAU DARI KONFLIK KERJA-KELUARGA: PERAN MINDFULNESS SEBAGAI MEDIATOR

Rusmalia Dewi (Universitas Semarang)
Rini Sugiarti (Universitas Semarang)
Erwin Erlangga (Universitas Semarang)
Tatas Transinata (Universitas Semarang)
Yudi Kurniawan (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kebahagiaan dosen adalah saat merasakan tubuh dan jiwanya sehat. Banyak permasalahan pekerjaan dan keluarga pada dosen karena kurangnya pengelolaan konflik yang baik sehingga bekerja tidak fokus. Support sistem pada dosen penting, agar mampu mengelola konflik yang terjadi dan menjalani aktivitasnya di pekerjaan dan keluarga dengan fokus dan bahagia. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris kebahagiaan dosen yang ditinjau dari konflik kerja-keluarga melalui peran mindfulness sebagai variabel mediator. Metodenya adalah kuantitatif, dengan menggunakan responden Dosen yang ada di kota Semarang sebanyak 120 orang. Menggunakan Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan metode analisis data dengan Regresi simple mediation modelĀ  SPSS by Hayes. Hasil penelitian mennjukkan ada pengaruh konflik kerja-keluarga terhadap kebahagiaan dosen melalui mindfulness sebesar RSquare=.515 p<0.05. Konflik kerja-keluarga berpengaruh lebih besar secara langsung terhadap kebahagiaan dosen dibandingkan melalui mindfulness. Penelitian ini memiliki implikasi agar dapat dijadikan acuan tentang pengaplikasian pengelolaan konflik di pekerjaan dan keluarga.

Copyrights © 2024