Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.3, Maret 2016

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN DENGAN STRATEGI PEMODELAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Fendy Yogha Pratama (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Yuni Pratiwi (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Kusubakti Andajani (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

This research and development aims to produce instructional materials for exposition text writing which can improve students writing skill and environmental awareness. Research and development models used is the development model Four-D model (4D) from Thiagarajan, Dorothy, and Melvyn. 4D model consists of four stages, define, design, development and disemination. 4D models have been selected and systematic measures that are specifically designed to develop a teaching device. Results of readibility test, validation test, and testing of the product showed that the exposition text instuctional material can be implemented.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar bermuatan cinta lingkungan untuk siswa SMP kelas VII yang layak dari segi isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Model penelitian dan pengembangan dalam tulisan ini mengadaptasi Four-D Model milik Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974). Sesuai namanya, Four-D Model memiliki empat tahap, yaitu Define (penetapan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Model ini dipilih karena memiliki langkah-langkah dan yang dirancang khusus untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil uji keterbacaan, uji validasi, dan uji coba, bahan ajar ini layak untuk diimplementasikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...