Research in Science and Mathematics Education
Vol. 1 No. 02 (2024): RISEME OKTOBER 2024

Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Kelas 2A SDN 1 Munggu

Helga Elysia (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta)
Akbar Al Masjid (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta)
Rendi Febrianto (SDN 1 Munggu, Kebumen)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki dalam proses memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas 2A SDN 1 Munggu setelah diterapkannya model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Desain kemmis dan Mc taggart. Dalam penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaa, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2A SDN 1 Munggu. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan pada observasi pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Presentase rata-rata keaktifan belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 36%. Pada siklus I presentase rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat sebesar 43,75%. Pada siklus ke II presentase rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat sebesar 70,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

riseme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Research in Science and Mathematics Education is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. The journal emphasizes studies on innovative teaching methods, the integration of ...