Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2018): Jurnal Sosialita

PENINGKATAN MOTIVASI, KEAKTIVAN, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA KARTU JEJAK PETA

Ngadino, Ngadino (Unknown)
sukadari, sukadari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, Keaktivan, dan hasil belajar IPS melalui media kartu jejak peta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Mrentul Bonorowo Kebumen dengan jumlah peserta didik 7 peserta didik. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui tes dan observasi serta dialog dengan teman sejawat. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu jejak peta dapat meningkatkan motivasi, Keaktivan, dan hasil belajar IPS pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada studi awal peserta didik yang termotifasi belajar 3 peserta didik (42,85%) pada siklus I, 4 peserta didik (57,13%), siklus II 6 peserta didik (85,71%) dan pada siklus III 7 peserta didik (100%). Pada nilai studi awal rata-rata kelas mencapai 60,00, pada siklus I 67,14, pada siklus II 72,14 dan siklus III naik menjadi 79,28 Kata kunci : Motivasi, Keaktivan, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...