Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Sosialita

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KELAS IV DALAM MEMBUAT SOAL HOTS MELALUI WORKSHOP

Mujiyem, Mujiyem (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa GURU KELAS IV se-Gugus Nuri Kecamatan Ngombol belum semua mampu menyusun Soal HOTS sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Soal HOTS. Penelitian Tindakan Sekolah dilaksanakan di Gugus Nuri Kecamatan Ngombol. Subyek penelitian ini Guru Kelas IV se-Gugus Nuri Kecamatan Ngombol dengan jumlah guru 8 orang. Waktu Penelitian Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Hasil pelaksanaan dapat disimpulkan bahwa workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Soal HOTS. Guru menunjukkan keseriusan dalam menyusun Soal HOTS apalagi setelah mengikuti workshop. Terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Soal HOTS dari siklus ke siklus. Pada pra siklus guru yang terpenuhi komponen Soal HOTS 25,0%, pada siklus I 37,5% dan pada siklus II 100%. Jadi, terjadi peningkatan 75% dari pra siklus ke kondisi akhir. Kata Kunci: Kemampuan Guru, SoalHOT, Workshop

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...