Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 1 No. 1 (2024): January-June

SNOWBALL THROWING: STRATEGI AKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SEKOLAH DASAR

Erina Damayanti (Unknown)
Noni Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar sangatlah membutuhkan suatu inovasi yang baru untuk bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran Snowball Throwing. Dalam strategi pembelajaran ini para siswa nantinya akan dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian nantinya mereka akan bekerjasama dengan teman sekelompoknya. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi dan mengemukakan ide atau pendapat mereka, yang nantinya dapat memaksimalkan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualittatif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SD Subsidi Swakarya Desa Laut Dendang. Dan adapun hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas III di SD Subsidi Swakarya Desa Laut Dendang yaitu, dengan menggunakan strategi pembelajaran Snowball Throwing ini ternyata pembelajaran lebih efektif, karena selain membuat anak-anak gembira, menyenangkan, dan bersemangat dalam belajar serta lebih mudah dalam memahami materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...