Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 1 No. 2 (2024): July-December

Integrasi Rekayasa Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Rusdiana (Unknown)
Ramli, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bagaimana rekayasa teknologi dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggambarkan seputar pengertian rekayasa teknologi dan integrasinya dalam pembelajaran PAI serta memberikan berbagai contoh pemanfaatan rekayasa teknologi dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau literatur. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menelaah, membaca serta menulis data yang didapatkan dari berbagai sumber baik jurnal maupun buku yang relevan. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan Islam adalah langkah krusial untuk memastikan bahwa proses pembelajaran selaras dengan kemajuan zaman. Dengan dukungan teknologi, para pendidik dapat dengan mudah mengakses berbagai sumber daya pendidikan, termasuk materi pembelajaran, bahan ajar, dan referensi melalui platform online, e-book, atau repositori. Sehingga integrasi rekayasa teknologi dalam pendidikan agama Islam dapat menunjang media hingga bahan ajar dalam proses pembelajaran. Adapun tahapan pemanfaatan teknologi pendidikan terdiri dari tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun beberapa contoh pemanfaatan teknologi pada pembelajaran terbagi menjadi empat macam, yakni teknologi berbasis visual, teknologi berbasis audio, teknologi berbasis audio-visual, dan teknologi berbasis internet.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...