Program Tahfizhul Qur’an merupakan program unggulan yang digunakan oleh Sd IT Tahfizhul Qur’an Miftahul Jannah Medan. Program ini juga merupakan upaya dalam mencetak penghapal Al-Qur’an sejak dini. Setelah terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat banyak perubahan pada setiap sektor kehidupan, termasuk pendidikan yang pada akhirnya menciptakan bentuk pembelajaran daring, program yang diunggulkan ini tetap berjalan dengan menggabungkan media pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian yaitu Sd IT Tahfizhul Qur’an Miftahul Jannah Medan dengan 2 orang narasumber. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis model pembelajaran di masa pasca-pandemi yang digunakan oleh guru di Sd IT Tahfizhul dalam program tahfizhul qur’an. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Tahfiz ini menggunakan metode dan media yang diseragamkan seperti penggunaan mushaf al-Qur’an blok warna. Para pembimbing menerapkan metode seperti klasikal, talaqqi dan muroja’ah sebagai metode pembelajaran. Selain itu juga masih ada penerapan media online sebagai sarana pembelajaran, misalnya penggunaan WhatsApp Video Call untuk melakukan setoran hapalan. Hal ini menjadi salah satu bentuk adaptasi PJJ ke masa pembelajaran pasca-pandemi saat ini
Copyrights © 2023