Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 1 No. 12 (2024): SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, Desember 2024

PENGARUH HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Khoirotinnisa, Amri (Unknown)
Rachma, Ardhy Avrina (Unknown)
Aryanza, Danielta Gerry Putra (Unknown)
Rawanoko, Endrise Septina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Dengan menggunakan metode tinjauan literatur sistematis, penelitian ini mengkaji 20 artikel ilmiah yang relevan untuk menjawab tiga pertanyaan utama, yaitu penerapan PBL, pengaruhnya terhadap hasil belajar, dan tantangan dalam menerapkan PBL. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 50%, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan partisipasi aktif. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap masalah, dominasi teman dalam diskusi, dan keterbatasan fasilitas sekolah menjadi kendala utama. Penelitian ini menyarankan penguatan manajemen kelas, inovasi pembelajaran, dan dukungan fasilitas untuk meningkatkan efektivitas PBL dalam Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SINERGI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering, Economics, Health, Social, ...