Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Evaluasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang

Ibrahim, Ibrahim (Unknown)
Sintia, Dela (Unknown)
Pardika, Rinto (Unknown)
Sari, Novita Eka (Unknown)
Tesva, Sepralin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan suatu lembaga pendidikan adalah sejauh mana kegiatan penilaian (evaluasi) dilakukan. Artikel ini berfokus pada evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan. Kurikulum merdeka yang dirancang untuk memperoleh kemandirian siswa, telah diterapkan diberbagai tingkat pendidikan. Jenis penelitian yakni kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa evaluasi implementasi kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang sudah dijalankan dengan baik. ini melibatkan penilaian terhadap berbagai aspek implementasi kurikulum, termasuk metode pembelajaran, partisipasi siswa dan hasil belajar. Kurikulum merdeka memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, masih ada beberapa tantangan dalam implementasinya. Dalam implementasi kurikulum merdeka diperlukan kerjasama antara pemerintah, melalui evaluasi yang komprehensif diharapkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dapat ditingkatkan secara terus-menerus untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan ...