Nuwo Abdimas
Vol. 3 No. 1 (2024): Nuwo Abdimas

Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru SMK melalui Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Merdeka Belajar

Margaretha Karolina Sagala (Universitas Lampung)
Rangga Firdaus (Universitas Lampung)
Daniel Rinaldi (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Kualitas guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mengajar belum secara optimalberfokus pada pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan siswa dan mengikuti perkembangankondisi di era yang serba modern seperti sekarang ini. SMK sebagai lembaga pendidikan yangmenyediakan layanan sesuai dengan minat dan bakat siswa seharusnya mampu mengakomodasikeberagaman perbedaan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa dengan dukungan olehpembelajaran yang berkualitas melalui guru yang berkualitas pula. Selain itu, dibutuhkan pulaimprovisasi dalam peningkatan kualitas guru dengan rancangan pembelajaran yang disusunsedemikian rupa sehingga pembelajaran yang efektif dapat tercipta, salah satunya adalah denganpembelajaran berdiferensiasi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan pembelajaranberdiferensiasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar diSMK. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi terobosan dari permasalahan yang ada di mana paraguru dapat meningkatkan pemahaman tentang pembuatan RPP yang berdiferensiasi dalam eramerdeka belajar. Metode yang digunakan untuk mendukung kegiatan ini adalah denganmemberikan edukasi dan pendampingan terkait kegiatan belajar yang berdiferensiasi melaluimetode ceramah, workshop, dan diskusi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nuwo

Publisher

Subject

Other

Description

NUWO-Abdimas merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila). Adanya jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi terkait hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat dari seluruh civitas ...