Kualitas guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mengajar belum secara optimalberfokus pada pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan siswa dan mengikuti perkembangankondisi di era yang serba modern seperti sekarang ini. SMK sebagai lembaga pendidikan yangmenyediakan layanan sesuai dengan minat dan bakat siswa seharusnya mampu mengakomodasikeberagaman perbedaan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa dengan dukungan olehpembelajaran yang berkualitas melalui guru yang berkualitas pula. Selain itu, dibutuhkan pulaimprovisasi dalam peningkatan kualitas guru dengan rancangan pembelajaran yang disusunsedemikian rupa sehingga pembelajaran yang efektif dapat tercipta, salah satunya adalah denganpembelajaran berdiferensiasi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan pembelajaranberdiferensiasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar diSMK. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi terobosan dari permasalahan yang ada di mana paraguru dapat meningkatkan pemahaman tentang pembuatan RPP yang berdiferensiasi dalam eramerdeka belajar. Metode yang digunakan untuk mendukung kegiatan ini adalah denganmemberikan edukasi dan pendampingan terkait kegiatan belajar yang berdiferensiasi melaluimetode ceramah, workshop, dan diskusi.
Copyrights © 2024