Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 3 (2024): Special Issue

PENGARUH MOTIVASI, KEMAMPUAN, PERSEPSI PERAN, FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Krismayanti, Yanti (Unknown)
Prayogi, Ratnawati (Unknown)
Tomboy, Ventje George (Unknown)
Pakpahan, Marisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Kinerja karyawan merupakan elemen krusial dalam pencapaian tujuan strategis organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, kemampuan, persepsi peran, dan faktor situasional terhadap kinerja karyawan di PT. Aura Putra Wijaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 135 karyawan yang dipilih secara stratified random sampling dari total populasi 200 karyawan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya fluktuasi kinerja karyawan dengan skor rata-rata 100 pada tahun 2020 dan 2022, namun mengalami penurunan menjadi 90 pada tahun 2021 dan 2023. Analisis regresi linier berganda mengungkapkan bahwa motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien β = 0,45 (p = 0,001). Selain itu, kemampuan karyawan berkontribusi positif terhadap kinerja dengan β = 0,38 (p = 0,004), persepsi peran sebesar β = 0,29 (p = 0,008), dan faktor situasional sebesar β = 0,33 (p = 0,002). Model penelitian ini mampu menjelaskan 70% variabilitas kinerja karyawan (R² = 0,70), menunjukkan bahwa keempat faktor memiliki dampak signifikan terhadap produktivitas karyawan. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan motivasi melalui sistem penghargaan, pengembangan kemampuan melalui pelatihan yang intensif, kejelasan persepsi peran melalui komunikasi yang efektif, serta perbaikan lingkungan kerja yang kondusif dapat secara signifikan meningkatkan kinerja karyawan. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk menerapkan strategi-strategi tersebut guna meningkatkan produktivitas dan daya saing organisasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...