EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan
Vol. 1 No. 1 (2023): EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan (Desember)

Analisis Bibliometrik: Emosi dan Empati sebagai Luaran dari Penerapan Characters Computational Thinking dalam Pembelajaran

Firdaus, Tiara Citra Maharani (Unknown)
Maharani, Swasti (Unknown)
Romandoni, Hendrisa Rizqie (Unknown)
Septyawan, Addy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Computational thinking adalah cara berpikir untuk menyelesaikan masalah (problem solving) dengan cara menguraikannya menjadi beberapa tahapan yang efektif, efisien, dan menyeluruh. Penerapan computational thingking dalam pembelajaran sangat berdampak baik bagi peserta didik, entah dalam bersosialisasi atau dalam kepribadian characters yang terbentuk. Salah satu contohnya terbentuknya sikap empati dan mampu mengatur emosi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tren dan pola penelitian characters computational thingking sebagai peningkatan karakter peserta didik. Data diperoleh dari data base google scholar yang telah disempurnakan dengan 4 tahapan (identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2017 sebagai tahun dengan publikasi tertinggi dan paling berpengaruh karena mimiliki nilai h-index tertinggai. Adapun fokus penelitian terkait games computational thinking dalam pembelajatan matematika dari tahun 2013-2023 dibagi menjadi 4 yaitu, 1) computational thinking dan concept; 2) characters, learning dan student; 3) emotion, education; 4) teacher

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Dentistry Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health

Description

EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan dan kesehatan, baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Penelitian yang dipublikasikan meliputi kajian yang berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan, ...