Computational thinking adalah cara berpikir untuk menyelesaikan masalah (problem solving) dengan cara menguraikannya menjadi beberapa tahapan yang efektif, efisien, dan menyeluruh. Penerapan computational thingking dalam pembelajaran sangat berdampak baik bagi peserta didik, entah dalam bersosialisasi atau dalam kepribadian characters yang terbentuk. Salah satu contohnya terbentuknya sikap empati dan mampu mengatur emosi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tren dan pola penelitian characters computational thingking sebagai peningkatan karakter peserta didik. Data diperoleh dari data base google scholar yang telah disempurnakan dengan 4 tahapan (identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2017 sebagai tahun dengan publikasi tertinggi dan paling berpengaruh karena mimiliki nilai h-index tertinggai. Adapun fokus penelitian terkait games computational thinking dalam pembelajatan matematika dari tahun 2013-2023 dibagi menjadi 4 yaitu, 1) computational thinking dan concept; 2) characters, learning dan student; 3) emotion, education; 4) teacher
Copyrights © 2023