Pengembangan literasi sains merupakan fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama terkait rendahnya hasil literasi sains siswa berdasarkan survei PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis STEM guna meningkatkan literasi sains mahasiswa calon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan identifikasi masalah, analisis kompetensi dasar, serta analisis konten yang relevan dengan pembelajaran literasi sains, khususnya materi gelombang bunyi. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru yang terlibat dalam pengujian LKM. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa LKM mendapatkan skor rata-rata 4,57, dengan validator 1 memberikan skor 4,70, validator 2 dengan nilai 4,80, dan validator 3 dengan nilai 4,20, yang dinyatakan valid. Setelah divalidasi, LKM dinyatakan layak digunakan dengan sedikit perbaikan. Secara keseluruhan, pengembangan LKM ini dinyatakan valid dan harapannya dapat meningkatkan literasi sains pada mahasiswa calon guru. Studi lanjutan dapat diujikan kepada mahasiswa untuk melihat pengaruh bahan ajar ini terhadap peningkatan literasi sains mereka sebagai calon guru, serta mengeksplorasi pengembangan LKM untuk materi lain di berbagai jenjang pendidikan.
Copyrights © 2024