Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (1)

Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian bagi Siswa Kelas XI SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia

Juliandi Juliandi (Universitas Negeri Surabaya)
Rusijono Rusijono (Universitas Negeri Surabaya)
Khusnul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran mata pelajaran kejuruan teknik memerlukan perancangan yang matang dengan metode yang tepat. Penelitian ini adalah bentuk pengembangan produk digital yang bertujuan mengetahui proses pengembangan prototipe dan tingkat kelayakan produk media video pembelajaran yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan Camtasia untuk mata pelajaran Sistem Pengapian pada Kelas XI SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.  Jenis   penelitian mengandalkan metode Research and Development (R&D) dengan model yang dipergunakan yaitu metode pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data penelitian di antaranya menganalisa keperluan siswa, angket dan penilaian rubrik. Tingkat kepatutan media pembelajaran diperoleh dari hasil rubrik angket oleh para ahli diantaranya bahasa, media pembelajaran dan materi. Hasil verifikasi menunjukkan validasi media memperoleh nilai 83%. Sedangkan pada hasil validasi materi memperoleh nilai 80%. Hasil yang didapat dari validasi para ahli menunjukkan nilai rata-rata diatas 80% yang berkategori layak. Kesimpulan hasil validasi ini menunjukkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran sistem pengapian yang telah diproduksi termasuk dalam kategori media yang memiliki dengan predikat layak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...