Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (1)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa di SMAN 2 Woja

Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Ndari, Ndari (Unknown)
Awaludin, Awaludin (Unknown)
Fizen, Fizen (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Genially merupakan platform berbasis web untuk pembuatan konten multimedia dengan fitur-fitur infografis, presentasi, peta, games, dan gambar animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kevalidan, kepraktisan serta keefektifan media pembelajaran menggunakan genially pada pembelajaran sejarah di SMAN 2 Woja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Delopment (R&D) yang mengacu pada model pengembangan perangkat 4-D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thiangarajan. Dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui angket. Analisis hasil penelitian berdasarkan penilian 2 velidator menunjukan bahwa media pembelajaran genially dengan presentase 93% dapat dikategorikan sangat valid artinya media pembelajaran ini layak untuk digunakan.  Adapun hasil dari kepraktisan oleh ahli praktisi media pembelajaran menggunakan genially dengan presentase 91% dikategorikan sangat praktis. Sedangkan analisi hasil dari nilai keefektifan berdasarkan soal tes yang telah dijawab oleh siswa menggunakan media genially, maka diperoleh nilai rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, pengembengan media pembelajaran berbasis genially pada pembelajaran sejarah siswa SMAN 2 Woja dapat dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...