Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Titi Laras yang efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), khususnya pada materi pengenalan tangga nada. Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh SDN Puspasari, yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan dan pembuatan prototipe awal, serta pengumpulan informasi melalui penelitian lapangan. Uji coba awal dilakukan di rumah dengan melibatkan 5 siswa dari kelas V SD, yang menunjukkan skor rata-rata 3,75, mengindikasikan kategori "Sangat Baik". Uji coba kelompok besar juga dilaksanakan di rumah dengan melibatkan 10 siswa dari kelas V SD, dan memperoleh skor rata-rata 3,76, yang juga masuk dalam kategori "Sangat Baik". Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Titi Laras memiliki kualitas yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP.
Copyrights © 2024