Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi Operasi Hitung Bilangan di kelas IV SD Negeri 71 Kota Lubuklinggau. Kajian ini diharapkan dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan di kelas IV SD Negeri 71 Lubuklinggau dengan menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam 2 siklus pembelajaran dengan perulangan 2 kegiatan di setiap siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, instrumen tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh menunjukkan bahwa efek samping pembelajaran siswa pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan dengan diterapkannya metode pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SD Negeri 71 Lubuklinggau telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai ≥65 ke atas (KKM)= 9 orang atau 45% dengan nilai rata-rata 61. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa yang mendapat nilai ≥65 (KKM)=19 orang atau 95% dengan nilai rat-rata 92. Data tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023