Jurnal Jendela Matematika
Vol. 2 No. 01 (2024): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2024

Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Matriks

Siti Nor Kholifah (STKIP Modern Ngawi)
Budi Sasomo (STKIP Modern Ngawi)
Anwas Mashuri (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Pendidikan sangat bergantung pada bahan ajar. Hal ini juga harus didukung dengan penerapan jenis pembelajaran. Upaya tersebut dapat menjadi modal peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui mekanisme pengembangan e-modul berbasis reciprocal teaching dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 MA Kartayuda. Hasil penelitian diperoleh dari validasi dan uji coba lapangan. Masing-masing angket terdapat dua validator. Penilaian e-modul oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 88,89%, penilaian oleh ahli desain bahan ajar sebesar 85%, penilaian oleh ahli bahasa sebesar 90%, penilaian oleh peserta didik sebesar 85%. Skor keempat validasi menunjukkan e-modul memiliki kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan kepada peserta didik memperoleh skor 81,023% dengan kategori tinggi. Berlandaskan hasil validasi dan uji coba membuktikan bahwa e-modul layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...