Kondisi sosial ekonomi orang tua juga berhubungan dengan kemampuan orang tua dalam hal memberi motivasi sesuai dengan latar belakang pendidikan, pendapatan orang tua dan pekerjaan juga dapat mempengaruhi motivasi belajar anak-anaknya. faktor yang biasanya dapat mempengaruhi prestasi akademik di latar belakangi oleh pekerjaann orang tua, pendidikan orang tua, tingkat sosial orang tua. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Ekonomi angkatan 2016, 2017 dan 2028 berjumlah 95 orang mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan uji t untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang di peroleh, hasil koefisien korelasi r = 0,124 yang berarti korelasi antara variabel kondisi sosial ekonomi orangtua dengan variabel prestasi belajar mahasiswa memiliki hubungan sebesar 12,4%. Nilai koefisien determinasi menunjukan pengaruh kondis sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa ssebesar 0,015 atau 1.5%. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan tes statistik uji t. Hasil analisis dan pengolahan data menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar mahasiswa, dilihat dari persamaan regresi sederhana Y =3.038 + 0,006X. Selanjutnya uji t pada taraf signifikasi 5% diperoleh hasil thitung 1,201 ttabel 1,986 Kesimpulan pada penelitian ini tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kondis sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Ekonomi Universitas Syiah Kuala.
Copyrights © 2020